Aesop Pengarang Fabel Dunia

Loading

Aesop terkenal dengan fabelnya, cerita pendek yang memberi pelajaran tentang kehidupan. (Gambar: id.wikipedia.org)

Aesop dan Cerita Binatang
Aesop lahir pada tahun 620 SM. Ada beberapa versi yang berbeda tentang tempat kelahirannya. Ada yang mengatakan dia lahir di Thrace. Ada pula yang mengatakan Phaedrus dan Phrygia sebagai tempat kelahirannya. Aesop meninggal pada tahun 564 SM.

Budak yang Pandai Bercerita
Kehidupan Aesop tidak diketahui secara pasti. Dalam buku Aesop Romance, disebutkan kalau Aesop adalah seorang budak pada zaman Yunani kuno. Dia bekerja pada Xanthus, seorang filosof, di pulau Samos. Meski hanya seorang budak, Aesop dikaruniai kepandaian bercerita.

Cerita-Cerita tentang Binatang
Hingga kini, Aesop dikenal sebagai seorang penulis fabel atau cerita binatang. Meski bercerita tentang binatang, tapi ada hikmah yang bisa dipelajari oleh manusia dalam setiap ceritanya. Aesop bukanlah penulis fabel yang pertama. Tiga abad sebelumnya, Hesoid telah menulis sebuah fabel tentang elang dan burung bulbul.

Baca juga:  100 Ilmuwan dan Penemu Terpopuler di Dunia: Louis Pasteur

Cerita-Cerita yang Mendunia
Meski diperkirakan tidak menulis semua fabelnya, tapi karya Aesop sangat terkenal. Fabel-fabelnya diterjemahkan oleh penulis-penulis lain ke dalam bahasa Latin dan Yunani. Phaedrus mengubah karya-karya Aesop ke dalam bahasa Latin. Babrius menerjemahkannya ke dalam bahasa Yunani.

Fabel Aesop
Ada banyak fabel Aesop yang kita kenal. Kebanyakan berupa cerita pendek yang amat singkat. Namun, di dalamnya terdapat moral yang bisa diajarkan kepada banyak orang. Meskipun banyak fabel itu sebenarnya tidak dikarang oleh Aesop, tapi kita sekarang mengenalnya sebagai fabel Aesop. Di antaranya adalah Anak Kambing dan Serigala, Cerita Gunung, Dua Ekor Kambing, Burung Elang dan Burung Gagak, serta Memberi Lonceng kepada Kucing.

Baca juga:  Dinosaurus Dromaeosaurus

Kematian Aesop
Seperti juga kehidupannya, kematian Aesop tidak jelas. Sebuah legenda mengatakan kalau Aesop meninggal di Delphi, ketika dia diutus oleh Raja Croesus dari Lydia. Dalam buku Aesop Romance pun dikatakan kalau Aesop melakukan perjalanan ke Delphi, dan meninggal di tempat tersebut. Meski kehidupannya tidak terungkap jelas, karya-karya Aesop sangat terkenal dan diceritakan hingga saat ini. ***

Abadikan hartamu dengan donasi sedekah jariyah membantu kemajuan ebookanak.com berkhidmat untuk umat menuju Indonesia Cerdas Literasi 2045. Klik di sini.

Sumber dan Kontributor

  • Naskah: Kak Nurul Ihsan
  • Gambar: www.ebookanak.com
  • Penerbit: Oase

Cloud Hosting Partner:

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Baca juga:  Kukang Mencerna Makanan Selama Sebulan
jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Loading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

paket ebook anak bergambar legal orisinal